Selasa, 15 November 2011

Perbaikan Infrastruktur Serawai-Ambalau jadi Prioritas

SINTANG--Anggota DPRD Kabupaten Sintang Genedie, mengatakan perbaikan infrastruktur jalan menuju kecamatan di wilayah paling ujung Kabupaten Sintang menjadi skala prioritas di tahun 2011. Sebab, berdasarkan keputusan yang dikeluarkan Gubernur Kalbar, status jalan Sintang-Kecamatan Serawai merupakan tanggung jawab provinsi, sedangkan Serawai-Ambalau merupakan jalan kabupaten.

“Tahun ini recananya akan dilakukan perbaikan, terutama jembatannya yang banyak rusak, serta kondisi jalan yang berlumpur bila terjadi hujan, karena drainasenya juga kurang baik dan menyebabkan air mengapung dalam waktu yang lama, sehingga menyulitkan masyarakat Serawai maupun Ambalau untuk menggunakan jalur darat dalam hal transportasi,” ungkap Genedie. Menurut Genedie, perbaikan tersebut merupakan upaya anggota DPRD Kabupaten Sintang untuk merubah kecamatan di ujung Kabupaten Sintang ini tidak terisolir. Karena apabila dilihat dari status kecamatan di Kabupaten Sintang, maka Ambalau merupkan kecamatan yang paling lama terbentuk, dibandingkan kecamatan lainnya. “Ambalau merupakan Kecamatan Senior. Jadi seharusnya menjadi prioritas dalam perbaikan infrastrukturnya, sehingga memudahkan masyarakat dalam mobilitasnya,” ujar dia.

Dia mengatakan, dengan perbaikan tersebut, maka selain akses yang mudah, juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Selama ini, dengan akses utama menuju Serawai dan Ambalau menggunakan jalur sungai, sehingga memerlukan biaya yang besar. Meskipun ada jalur darat, namun dengan kondisi yang saat in, tidak memungkinkan untuk dilakukan pengangkutan barang dalam jumlah yang besar. “Hal inilah yang membuat harga barang di sana melambung, karena untuk membawanya saja memerlukan biaya yang besar dan memakan waktu lama. Namun kalau akses darat sudah dapat dilalui, maka waktu tempuh dapat dipersingkat dan tidak memerlukan waktu yang lama,” jelasnya.(wah)


Sumber: http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=89772

0 komentar:

Posting Komentar