Selasa, 15 November 2011

Geliat Gerbang Emas: Buka Akses Jalan Serawai-Ambalau Sintang –

Menginjak tahun kelima, roda Gerakan Membangun Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas) melalui program jalan, karet, tanaman pangan, kesehatan, dan pendidikan dijalankan dengan optimal. Program ini pun telah banyak membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat Bumi Dara Juanti hingga ke pelosok.

“Kita terus membuka isolasi daerah. Tujuannya, agar akses transportasi masyarakat menjadi semakin lancar dan tidak terpuruk,” tegas Bupati Sintang, Drs Milton Crosby MSi, dalam berbagai kesempatan.

Bayangkan saja, dari tahun ke tahun contohnya Kecamatan Serawai terbilang terpuruk dan terisolasi akses transportasi. Hanya mengandalkan jalur Sungai Melawi. Tapi, kini jalur darat sudah bisa dilalui, meski belum terbilang representatif. Namun sudah membuka keterbelakangan masyarakat dari segi akses transportasi.

Bukan itu saja, tahun ini Drs Milton Crosby MSi, Bupati Sintang, selaku incumbent pada Pemilukada Sintang, digeber pada Kamis (19/5) mendatang, telah menganggarkan untuk pembukaan jalan baru Serawai-Kemangai yang merupakan pusat kota Kecamatan Ambalau, berada paling ujung di jalur Sungai Melawi.

Tekad orang nomor satu di Bumi Dara Juanti ini patut mendapatkan dukungan. Soalnya, jika jalur darat sudah bisa diakses, maka biaya transportasi masyarakat setempat jauh lebih irit dan lebih lancar.

Selain itu, angkutan sembilan bahan pokok (sembako) akan semakin terkendali dan aktivitas masyarakat menjadi semakin lancar.

“Jalan ke Serawai sudah bisa dilalui. Nah, sekarang kita membuka akses jalan dari Serawai menuju Kecamatan Ambalau. Ini medannya cukup berat, tapi dengan tekad niat untuk membangun, saya yakin akan berhasil dengan maksimal dan optimal,” paparnya.

Untuk jalur darat menuju Kecamatan Serawai, ulas Milton, sebelumnya tidak bisa dilalui sama sekali. Tetapi sekarang, bahkan mobil dinas bupati bisa parkir di depan tangga rumah warga. Untuk pemeliharaan dan perbaikan ruas jalan itu, Milton telah membentuk Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ).

“Meski belum bagus benar, sekarang mobil bupati sudah bisa sampai ke tangga warga. Nah, pemeliharaannya, kita siagakan UPJJ. Ini yang mengurusi ruas jalan tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kata Milton, demikian pula dengan akses jalan darat menuju ke desa-desa dan dusun-dusun, semuanya telah diakomodasi. Minimal dilaksanakan pembukaan ruas jalan dulu, selanjutnya akan kita laksanakan peningkatan.

Di samping itu, untuk jalan lingkungan pemukiman, boleh dikatakan tak ada lagi kawasan pemukiman warga masyarakat yang tidak kecipratan jalan rabat beton.

“Semuanya telah kita akomodasi. Hanya saja, karena keterbatasan dana, maka lebih mengutamakan skala prioritas. Tapi saya rasa, hampir keseluruhan akses jalan sudah terbuka. Bahkan, demikian pula dengan jalan lingkungan tempat tinggal warga,” pungkasnya. (SrY/biz)

Sumber: http://www.equator-news.com/radar-timur/sintang/20100501/buka-akses-jalan-serawai-ambalau

0 komentar:

Posting Komentar