Senin, 21 November 2011

Mari kita renungkan sejenak. .

Dalam berpikir, terkadang kita pragmatis, kita maunya sesuatu itu terjadi secara praktis tanpa proses, padahal proses itulah hal yang terpenting dalam sebuah pencapaian.

Kita sama-sama tahu permasalahan terbesar Kecamatan Serawai dan Ambalau Adalah Infrastruktur jalan, listrik, kesehatan, sarana air bersih dan seabrek permasalahan lainnya, padahal infrastruktur dan sarana tersebut merupakan hal yang mendasar bagi kemajuan suatu daerah.

Dengan adanya infrastruktur jalan yang baik yang membuka akses dan menghubungkan daerah atau wilayah misalkan jalan yang bagus menghubungkan Kota Sintang dan Kecamatan Serawai sudah pasti akan membawa dampak yang positif bagi kemajuan Kecamatan Serawai dimana distribusi barang dan jasa akan lebih mudah ketimbang yang selama ini terjadi lewat transportasi sungai, lewat jalan darat dapat menghemat biaya transportasi dan berpengaruh terhadap harga barang itu sendiri yang pastinya tidak semahal yang ada di serawai saat ini, demikian pula dengan transportasi massa/manusia, biaya transportasi menjadi lebih murah ketimbang jika kita menggunakan transportasi sungai, hal ini berdampak pada penghematan biaya sehingga uang yang kita miliki selebihnya dapat digunakan untuk keperluan yang lain, dan masih banyak dampak positif dengan adanya infrastruktur jalan yang bagus. Saya tidak bisa membayangkan kemajuan yang akan terjadi di Serawai apabila memiliki infrastruktur jalan yang bagus. Demikian pula dengan infrastruktur yang lain seperti yang disebutkan sebelumnya sangat memberikan dampak bagi kemajuan suatu daerah.

Akan tetapi semua hal yang disebutkan diatas tentunya tidak dapat terjadi secara tiba-tiba, ada proses yang berlangsung didalamnya.

Apa itu? jawabannya adalah diri kita sendiri sebagai masyarakat Kecamatan Serawai- Ambalau.

Ada hal yang tidak kalah pentingnya selain tersedianya infrastruktur yang baik, yaitu sumber daya manusia (SDM) yang merujuk pada kualitas dari masyarakat Serawai-Ambalau itu sendiri, hal yang menentukan kualitas dari manusia itu salah satunya adalah pendidikan yang dalam hal ini bukan hanya persoalan sarana fisik pendidikan seperti gedung, laboratorium atau sarana lainnya saja akan tetapi lebih kepada kesadaran para pendidiknya untuk meningkatkan kualitas manusia itu sendiri, jika pendidik punya kesadaran untuk meningkatkan kualitas manusia, pasti terlebih dahulu Ia akan meningkatkan kualitas diri, contohnya saja dengan terus mengembangkan pengetahuan sehingga dapat membaginya kepada anak didik, menjalankan tugas sesuai dengan prosedur bukan hanya memikirkan kepentingan dan keuntungan pribadi. Kita sering mendengar ada oknum pendidik yang menyalahgunakan kewenangannya untuk kepentingan pribadi, sangat dapat dipastikan akan membawa dampak negatif bagi anak didiknya sendiri, karena anak-anak akan mencontoh teladan dari yang lebih tua.

Bukan hanya persoalan pendidikan, masih banyak hal lainnya seperti teman-teman yang dipercaya untuk melaksanakan suatu proyek, kalau yang dipikirkan hanyalah kruntungan dan kepentingan pribadi, dapat dipastikan apa yang telah dipercayakan kepadanya tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, seperti yang sama-sama kita ketahui, bagaimana kondisi jalan yang ada di nanga Serawai dan saya rasa tidak perlu saya jelaskan lagi karena kita semua tahu bagaimana kondisinya dan juga proyek-proyek lainnya. Seberapa besarpun anggaran yang dialokasikan untuk membangun infrastruktur itu, pastinya tidak akan sesuai target apabila yang melaksanakannya tidak memiliki kualitas diri.

Masih banyak aspek lainnya yang juga menjadi penentu dari kemajuan didaerah kita, yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, teman-teman sendiri pasti bisa memikirkannya.

Dari semua yang saya sampaikan diatas, ada satu kesimpulan yang ingin saya katakan.

Mari kita sama-sama meningkatkan kualitas diri kita masing-masing!!!

Bagi yang sudah bekerja, tunjukanlah kecintaan saudara terhadap daerah kita sendiri dengan meningkatkan kualitas kerjanya. bagi yang masih menempuh pendidikan, carilah sebanyak-banyaknya pengetahuan dan ilmu, kuliah itu jangan hanya mencari nilai dan gelar!!!!! tapi yang terpenting adalah ilmu dan pengetahuannya!!!! Pendidikan bukan hanya untuk otak, tapi juga untuk hati!!!

Dengan meningkatkan kualitas diri kita, niscaya akan berpengaruh kepada lingkungan bahkan masyarakat.

Kita baru-baru ini dikejutkan dengan banyak terjadi kasus pemerkosaan, perbuatan ausila dan sebagainya, kejadian ini bukan semata diakibatkan oleh rendahnya moral si pelaku akan tetapi juga diakibatkan rendahnya kualitas pemikiran, pola pikirnya. Ini menunjukan bahwa masyarakat kita belum siap menghadapi perkembangan jaman, perkembangan teknologi informasi.

Terus terang saya pribadi sudah bosan dengan situasi didaerah kita, apa kita mau keadaan daerah kita tetap saja terpuruk seperti itu?!! pasti jawabannya tidakkan!!

Sejarah mencatat bahwa, kualitas suatu masyarakat berpengaruh kepada kemajuan tempat tinggalnya, dan saya rasa kita semua pernah mendengar " suatu bangsa tidak akan berubah kalau bangsa itu sendiri tidak mau merubahnya dirinya" !!! Kita sendirilah yang pertama-tama harus berubah!!

Kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli dengan daerah kita sendiri!!!!!

Semoga..

‎"Lebih baik berusaha menyalakan sebuah lilin daripada terus-menerus mengutuk kegelapan"


                                                                                                                                      (Ferdinan Milyardi)

2 komentar:

  • Barang Pecah Belah says:
    13 Februari 2013 pukul 18.07

    Fer, asli nanga serawai kah?
    Saya jug alahir disana kira2 dan tahun 1995 pindah kejawa

    Salam,
    Bima

  • Barang Pecah Belah says:
    13 Februari 2013 pukul 18.08

    Mas Fer, asli nanga serawai kah?
    Saya juga lhir disana dan pindah kejawa tahun 1995

Posting Komentar