Selasa, 30 April 2013

Nikmatnya Belajar di Ruang Kelas Baru.

Suasana KBM SMPN 2 Serawai
Satu diantara faktor keberhasilan belajar dan pembelajaran adalah sekolah dengan lingkungan serta sarana dan prasarana yang baik. Selain guru sebagai faktor utama, suasana kelas yang bersih dan rapi membuat siswa merasa nyaman dan betah untuk belajar. Suasana seperti itulah yang coba dibangun oleh guru-guru di SMPN 2 Serawai. 

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa informasi yang coba kami bagi mengenai SMPN 2 Serawai berdasarkan keterangan dari Kepala Sekolah SMPN 2 Serawai.  

Secara geografis SMPN 2 terletak di desa Baras Nabun, Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. SMPN 2 merupakan salah satu sekolah kategori terpencil di wilayah Kecamatan Serawai dan satu-satunya SMP di jalur sungai Serawai.

Gedung SMPN 2 Serawai dibangun pada tahun 2005 dan selesai pada tahun 2006 dengan bantuan hibah luar negeri dalam bentuk Blockgrant di atas tanah seluas 1,7 Ha hibah masyarakat.

SMPN 2 ini mulai beroperasional pada tahun 2006 dengan USB lengkap (ruang kelas ada 3, ruang perpustakaan, Laboratorium IPA, OSIS, Prakarya, Kesenian, BP/BK, Kantin, Ruang Kepala Sekolah, Ganti Pakaian, Ruang Guru, WC lengkap).

Pada tahun 2012 mendapat bantuan dari dana APBN Murni untuk rehabilitasi dan menambah 2 lokal baru yang untuk sementara akan dijadikan asrama bagi siswa-siswi dari jauh.

Saat ini sekolah beroperasional dengan 8 orang tenaga pendidik/guru. Guru PNS berjumlah 2 orang ditambah Kepsek, 2 orang guru kontrak daerah, dan 3 orang guru honor.

Kegiatan KBM sudah dilakukan sesuai kurikulum dan jadwal pelajaran umumnya. Walaupun berada diwilayah terpencil, bahkan ada anak-anak harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 1 jam untuk sampai ke sekolah tetapi mereka bisa tepat waktu masuk jam 7 dan pulang jam 12:10.

Berikut ini situasi belajar siswa SMPN 2 Serawai:






Semoga dari segala keterbatasan kedepan pendidikan di daerah ini (Baras Nabun dan sekitarnya) bisa semakin berkembang dengan SMPN 2 Serawai menjadi acuannya.

1 komentar:

  • Joko says:
    1 Mei 2013 pukul 03.42

    semoga siswa-siswinya bisa berprestasi ya.

Posting Komentar